Nama :
Siti Nurhayati
NIM :
22222299157
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
UNIVERSITA NEGERI YOGYAKARTA
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SMKN Parungponteng |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Menengah Kejuruan |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan Minat dan Keterampilan Peserta Didik Kelas
X,XI dalam materi asking for and giving
opinion, dan congratulating and complimenting |
Penulis
|
Siti Nurhayati, S.Pd |
Tanggal
|
19 Januari 2023 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi latar
belakang masalah, yaitu: 1. Peserta didik kurang minat dan tertarik dalam pembelajaran bahasa
inggris. 2. Peserta didik merasa cepat bosan
ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. 3. Peserta didik kurang terampil dalam
berinteraksi pada materi asking for and giving opinion, dan congratulating
and complimenting 4. Kurangnya pembendaharaan kosakata yang mempengaruhi
pada keterampilan siswa, seperti keterampilan dalam berbicara. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
A.
Setelah
melakukan identifikasi masalah dengan cara analisis kajian literatur, hasil
wawancara dengan Pakar, Kepala Sekolah, dan guru, maka beberapa tantangan
yang terjadi untuk meningkatkan minat belajar bahasa inggris dalam materi
asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting pada peserta
didik kelas X dan XI, yaitu: 1.
Tantangan
dari guru adalah : a.
Guru
hanya menggunakan model pembelajaran yang itu itu saja, yang seperti biasa
digunakan. b.
Guru
belum menguasai dan menggunakan media pembelajaran yang mendukung untuk
meteri tersebut c.
Guru kurang
mengetahui dan menguasai model pembelajaran yang terbaru, yang variatif dan
inovatif d.
Guru
jarang menggunakan dan belum terbiasa dengan penggunaan media pembelajaran
berbasis IT e.
Pembelajaran
kurang berpusat pada peserta didik 2.
Tantangan
dari peserta didik adalah : a.
Pembelajaran
yang dilakukan peserta didik lebih banyak mengunakan buku sumber yang
tersedia b.
Peserta
didik terkadang kurang bersemangat mengikuti pembelajaran c.
Peserta
didik terkadang terlihat mengantuk selama proses pembelajaran d.
Peserta
didik pada PPL ke 1 kurang memahami mengenai intruksi tugad yang diberikan
oleh guru. Menurut
penulis praktik pembelajaran ini merupakan hal yang memang banyak dirasakan
oleh beberapa guru, dimana peserta didik kurak minat dalam belajar Bahasa
Inggris yang disebabkan oleh beberapa aspek. Diantaranya, pembelajaran yang
terkesan membosankan, monoton, menggunakan metode yang tidak variatif dan
kurang inovatif. Semoga dengan adanya praktik ini, dapat menjadi referensi
untuk rekan guru lainnya dalam menyeklesaikan masalah yang dihadapi terkait
minat peserta didik. Kemudian, diharapkan praktik ini dapat menjadi motivasi
bagi penulis agar selalu menlakukan pembaharuan serta berinovasi dalam setiap
kegiatan pembelajaran. Berdasarkan
pemaparan tersebut, penulis merasa memiliki tanggung jawab dan berperan serta
dalam menangani permasalahan tersebut. Karena pada hakikatnya guru berperan
penting dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran sehingga tujuan dari
pembelajaran tersebut dapat tercapai secara maksimal. Guru harus menciptakan
kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Semua itu dapat dimulai
dari tahap perencanaan pembelajaran, seperti mengidentifikasi malasah yang
terjadi, menganalisis masalah, menentukan solusi masalah yang didapat
berdasarkan hasil observasi, kajian literature, dan hasil dari wawancara.
Setelah itu dilanjutkan dengan penentuan alternatif solusi untuk memecahkan
masalah tersebut, setelah itu dilanjutkan dengan membuat perangkat
pembelajaran yang sesuai dengan masalah tersebut, disertai dengan penggunaan
sarana ataupun pra sarana yang mendukung terhadap pembelajaran tersebut,
seperti media yang berbasis teknologi (proyektor, handphone,dan jaringan
internet) yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara
maksimal. Berdasarkan
pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa peran dan tanggung jawab panulis
sebagai guru adalah : 1. Guru merancang dan membuat
pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan sehingga diharapkan
dapat menumbuhkan minat peserta didik dalam belajar tentang asking
for and giving opinion, dan congratulating and complimenting 2. Guru menggunakan sarana dan prasarana berbasis IT
sehingga peserta didik tidak merasa pembelajaran tersebut membosankan dan
terkesan begitu begitu saja 3. Guru menggunakan metode dan media pembelajaran
yang tepat, agar tujuan dari pembelajaran tersebut bisa tercapai. B.
Pihak-pihak
yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu kepala sekolah, peserta didik kelas X
dan XI serta rekan-rekan guru dan wali kelas. |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Dilihat dari tantangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa guru harus mampu
meningkatkan kompetensinya dalam bidang IT dan kompetensi pedagogik yang
dimilikinya sedangkan dari peserta didik harus memiliki minat dan motivasi
dalam pembelajaran yang diikuti. Selain daripada itu, guru juga harus
memberikan intruksi terhadap tugas yang diberikan secara lebih jelas dan
detai, sehingga hasil yang diperoleh dari pengerjaan tugas oleh peserta didik
dapat sesuai dengan apa yang diharapkan dan tercapai lebih maksimal. 1.
Langkah-langkah
yang dilakukan untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai
berikut: a.
Merancang
perangkat pembelajaran yang menarik dengan menggunakan teknik pembelajaran
PPP b.
Menyusun
lembar kerja peserta didik c.
Menyusun
instrumen penilaian LKPD d.
Menyiapkan
sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran(berbasis IT) 2.
Strategi
yang digunakan: a.
Guru
menggunakan teknik Presentation, Practice, Production (PPP) dengan sintak
sebagai berikut: 1)
Melakukan
presentation mengenai materi kepada peserta didik 2)
Melakukan
practice mengenai materi dengan peserta didik 3)
Melakukan
production, berupa vidio yang dihasilkan dari materi tersebut b.
Guru
menggunakan media powerpoint dan penayangan vidio dari youtube untuk
menampilkan bahan ajar, dengan tujuan supaya peserta didik tidak bosan. c. Peserta didik diarahkan untuk mengamati dan
menyebutkan ungkapan dari materi asking
for and giving opinion, dan congratulating and complimenting d.
Menghasilkan
sebuah percakapan perfomance disertai dengan vidio. 3.
Proses
pembelajaran sebagai berikut: a.
Pada
tahap pendahuluan: Guru dan peserta didik melakukan doa, menyapa, mengecek
absensi, kemudian guru melakukan apersepsi. b.
Pada
tahap inti pembelajaran: 1) Guru menyediakan contoh berdasarkan vidio dan dialog
tentang asking for and giving opinion,
dan congratulating and complimenting 2)
Guru
menjelaskan struktur kebahasaan dari materi asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting.
3) Peserta didik mencatat materi tentang asking for and giving opinion, dan
congratulating and complimenting 4) Peserta didik secara berkelompok membuat sebuah dialog
tentang asking for and giving opinion,
dan congratulating and complimenting 5)
Peserta
didik mempresentasikan hasil dari pekerjaannya dengan cara bermain peran
(role play) 6)
Guru
dan peserta didik mengevaluasi hasil pekerjaan peserta didik c.
Pada
tahap penutup: Guru dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap
pembelajaran, refleksi, dan doa penutup. Di tengah pembelajaran guru
melakukan ice breaking, ketika peserta didik sudah terlihat mengantuk atau
kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Setelah pembelajaran
selesai dilaksanakan, siswa memperlihatkan vidio hasil dari percakapan
mereka. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
A. Dampak dari aksi dan langkah-langkah kegiatan yang
dilaksanakan, diperoleh hasil yang cukup efektif untuk dapat meningkatkan minat
dan keterampilam peserta didik kelas X,XI dalam materi asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting.
Hal ini dapat dilihat berdasarkan : 1.
Penggunaan
teknik pembelajaran Presentation Practice Production (PPP) yang dirasa
efektif untuk meningkatkan aktifitas belajar peserta didik dikarenakan
pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta didik dapat terlibat secara
aktif dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar
yang lebih baik. Hal tersebut
diperoleh berdasarkan paningkatan dari minat peserta didik dalam mengerjakan
tugas yang diberikan. Terlihat peserta didik berusaha untuk dapat
menghasilkan vidio yang cukup maksimal, dan antusias peserta didik cukup
terlihat ketika proses presentation, terlihat dari mereka menjawab pertanyaan
dari guru berdasarkan vidio atau percakapan yang ditayangkan pada proyektor. 2.
Pada
ranah sikap disiplin, kreatif, dan percaya diri peserta didik menunjukan
perkembangan yang cukup baik,
terlihat dari mereka menyusun percakapan dengan menentukan peran dan membuat
dialog untuk masing – masing dari mereka. Kemudian pada ranah keterampilan
peserta didik sudah mulai mampu menunjukan perkembangannya, dengan berani
tampil mempresentasikan hasil pekerjaan mereka dan juga berusaha memperbaiki
kembali karena dalam penampilan percakapan mereka terasa kurang maksimal. 3.
Penggunaan
metode bermain peran (role play)
pada pembelajaran asking for and giving
opinion, dan congratulating and complimenting sangat efektif dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan diskusi kelompok yang begitu
aktifnya. Peserta didik terlihat beradu argumen untuk membuat percakapan agar
hasilnya maksimal. 4.
Penggunaan
media pembelajaran yang menarik dapat membantu peserta didik untuk
meningkatkan minat belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan antusiasnya
peserta didik dalam memperhatikan vidio yang ditayangkan, dan respon yang
baik ketika ada tanya jawab mengenai vidio tersebut. B.
Respon
peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung adalah
sangat senang. Hal ini dapat dibuktikan pada setiap kegiatan akhir
pembelajaran berupa merefleksikan pembelajaran yaitu ketika peserta didik
mengemukakan perasaannya setelah pembelajaran berlangsung. C.
Faktor
keberhasilan dari pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru
dalam merancang pembelajaran, menguasai kelas, pemahaman guru dengan model,
metode pembelajaran dan juga penguasan guru terhadap media pembelajaran yang
digunakan. Selain daripada itu guru juga harus mampu meningkatkan mood
peserta didik ketika pembelajaran berlangsung. D.
Pembelajaran
yang dapat diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan adalah guru
harus dapat kreatif dan berinovasi dalam setiap pembelajaran dikarenakan
dengan inovasi yang dilakukan dapat menghindarkan peserta didik dari
kejenuhan belajar karena monoton dan kurang bervariasinya gaya belajar,
selain daripada itu pembelajaran juga akan terasa menyenangkan. Guru sebaiknya
dapat menggunakan media pembelajaran
yang tepat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memahami materi dan
juga meningkatkan minat serta motivasi peserta didik dalam belajar. Selain
itu, dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai model dan metode pembelajaran akan
berdampak pada meningkatnya kualitas pendidikan di kelas dan dapat
meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik dengan lebih optimal.
Selain daripada itu pelaksanaan ice breaking cukup membantu untuk menghidupkan
kembali semangat dan suasana kelas yang menyenangkan ketika peserta didik
mulai merasa jenih dan berkurang semangatnya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.