BKK

Post Page Advertisement [Top]


Nama          : Siti Nurhayati
NIM             : 22222299157
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
UNIVERSITA NEGERI YOGYAKARTA


 Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


Lokasi

SMKN Parungponteng

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Minat dan Keterampilan Peserta Didik Kelas X,XI dalam materi asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting

 

Penulis

Siti Nurhayati, S.Pd

Tanggal

19 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, yaitu:

1.   Peserta didik kurang minat dan tertarik dalam pembelajaran bahasa inggris.

2.    Peserta didik merasa cepat bosan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.

3.    Peserta didik kurang terampil dalam berinteraksi pada materi asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting

4.    Kurangnya pembendaharaan kosakata yang mempengaruhi pada keterampilan siswa, seperti keterampilan dalam berbicara.

 

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

A.   Setelah melakukan identifikasi masalah dengan cara analisis kajian literatur, hasil wawancara dengan Pakar, Kepala Sekolah, dan guru, maka beberapa tantangan yang terjadi untuk meningkatkan minat belajar bahasa inggris dalam materi asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting pada peserta didik kelas X dan XI, yaitu:

1.    Tantangan dari guru adalah :

a.    Guru hanya menggunakan model pembelajaran yang itu itu saja, yang seperti biasa digunakan.

b.    Guru belum menguasai dan menggunakan media pembelajaran yang mendukung untuk meteri tersebut

c.    Guru kurang mengetahui dan menguasai model pembelajaran yang terbaru, yang variatif dan inovatif

d.    Guru jarang menggunakan dan belum terbiasa dengan penggunaan media pembelajaran berbasis IT

e.    Pembelajaran kurang berpusat pada peserta didik

2.    Tantangan dari peserta didik adalah :

a.    Pembelajaran yang dilakukan peserta didik lebih banyak mengunakan buku sumber yang tersedia

b.    Peserta didik terkadang kurang bersemangat mengikuti pembelajaran

c.    Peserta didik terkadang terlihat mengantuk selama proses pembelajaran

d.    Peserta didik pada PPL ke 1 kurang memahami mengenai intruksi tugad yang diberikan oleh guru.

 

Menurut penulis praktik pembelajaran ini merupakan hal yang memang banyak dirasakan oleh beberapa guru, dimana peserta didik kurak minat dalam belajar Bahasa Inggris yang disebabkan oleh beberapa aspek. Diantaranya, pembelajaran yang terkesan membosankan, monoton, menggunakan metode yang tidak variatif dan kurang inovatif. Semoga dengan adanya praktik ini, dapat menjadi referensi untuk rekan guru lainnya dalam menyeklesaikan masalah yang dihadapi terkait minat peserta didik. Kemudian, diharapkan praktik ini dapat menjadi motivasi bagi penulis agar selalu menlakukan pembaharuan serta berinovasi dalam setiap kegiatan pembelajaran.

 

Berdasarkan pemaparan tersebut, penulis merasa memiliki tanggung jawab dan berperan serta dalam menangani permasalahan tersebut. Karena pada hakikatnya guru berperan penting dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai secara maksimal. Guru harus menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Semua itu dapat dimulai dari tahap perencanaan pembelajaran, seperti mengidentifikasi malasah yang terjadi, menganalisis masalah, menentukan solusi masalah yang didapat berdasarkan hasil observasi, kajian literature, dan hasil dari wawancara. Setelah itu dilanjutkan dengan penentuan alternatif solusi untuk memecahkan masalah tersebut, setelah itu dilanjutkan dengan membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan masalah tersebut, disertai dengan penggunaan sarana ataupun pra sarana yang mendukung terhadap pembelajaran tersebut, seperti media yang berbasis teknologi (proyektor, handphone,dan jaringan internet) yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara maksimal.

Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa peran dan tanggung jawab panulis sebagai guru adalah :

1.    Guru merancang dan membuat pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan sehingga diharapkan dapat menumbuhkan minat peserta didik dalam belajar tentang asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting

2.    Guru menggunakan sarana dan prasarana berbasis IT sehingga peserta didik tidak merasa pembelajaran tersebut membosankan dan terkesan begitu begitu saja

3.  Guru menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat, agar tujuan dari pembelajaran tersebut bisa tercapai.

 

 

B.   Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu kepala sekolah, peserta didik kelas X dan XI serta rekan-rekan guru dan wali kelas.

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Dilihat dari tantangan tersebut,  dapat disimpulkan bahwa guru harus mampu meningkatkan kompetensinya dalam bidang IT dan kompetensi pedagogik yang dimilikinya sedangkan dari peserta didik harus memiliki minat dan motivasi dalam pembelajaran yang diikuti. Selain daripada itu, guru juga harus memberikan intruksi terhadap tugas yang diberikan secara lebih jelas dan detai, sehingga hasil yang diperoleh dari pengerjaan tugas oleh peserta didik dapat sesuai dengan apa yang diharapkan dan tercapai lebih maksimal.

 

1.    Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai berikut:

a.    Merancang perangkat pembelajaran yang menarik dengan menggunakan teknik pembelajaran PPP

b.    Menyusun lembar kerja peserta didik

c.    Menyusun instrumen penilaian LKPD

d.    Menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran(berbasis IT)

 

2.  Strategi yang digunakan:

a.    Guru menggunakan teknik Presentation, Practice, Production (PPP) dengan sintak sebagai berikut:

1)    Melakukan presentation mengenai materi kepada peserta didik

2)    Melakukan practice mengenai materi dengan peserta didik

3)    Melakukan production, berupa vidio yang dihasilkan dari materi tersebut

 

b.    Guru menggunakan media powerpoint dan penayangan vidio dari youtube untuk menampilkan bahan ajar, dengan tujuan supaya peserta didik tidak bosan.

c.    Peserta didik diarahkan untuk mengamati dan menyebutkan ungkapan dari materi asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting

d.    Menghasilkan sebuah percakapan perfomance disertai dengan vidio.

 

3.  Proses pembelajaran sebagai berikut:

a.    Pada tahap pendahuluan: Guru dan peserta didik melakukan doa, menyapa, mengecek absensi, kemudian guru melakukan apersepsi.

b.    Pada tahap inti pembelajaran:

1)    Guru menyediakan contoh berdasarkan vidio dan dialog tentang asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting

2)    Guru menjelaskan struktur kebahasaan dari materi asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting.

3)    Peserta didik mencatat materi tentang asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting

4)    Peserta didik  secara berkelompok membuat sebuah dialog tentang asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting

5)    Peserta didik mempresentasikan hasil dari pekerjaannya dengan cara bermain peran (role play)

6)    Guru dan peserta didik mengevaluasi hasil pekerjaan peserta didik

c.    Pada tahap penutup: Guru dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pembelajaran, refleksi, dan doa penutup.

 

Di tengah pembelajaran guru melakukan ice breaking, ketika peserta didik sudah terlihat mengantuk atau kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Setelah pembelajaran selesai dilaksanakan, siswa memperlihatkan vidio hasil dari percakapan mereka.

 

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

A.   Dampak dari aksi dan langkah-langkah kegiatan yang dilaksanakan, diperoleh hasil yang cukup efektif untuk dapat meningkatkan minat dan keterampilam peserta didik kelas X,XI dalam materi asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting. Hal ini dapat dilihat berdasarkan :

1.    Penggunaan teknik pembelajaran Presentation Practice Production (PPP) yang dirasa efektif untuk meningkatkan aktifitas belajar peserta didik dikarenakan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang lebih baik.  Hal tersebut diperoleh berdasarkan paningkatan dari minat peserta didik dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Terlihat peserta didik berusaha untuk dapat menghasilkan vidio yang cukup maksimal, dan antusias peserta didik cukup terlihat ketika proses presentation, terlihat dari mereka menjawab pertanyaan dari guru berdasarkan vidio atau percakapan yang ditayangkan pada proyektor.

2.    Pada ranah sikap disiplin, kreatif, dan percaya diri peserta didik menunjukan perkembangan yang cukup    baik, terlihat dari mereka menyusun percakapan dengan menentukan peran dan membuat dialog untuk masing – masing dari mereka. Kemudian pada ranah keterampilan peserta didik sudah mulai mampu menunjukan perkembangannya, dengan berani tampil mempresentasikan hasil pekerjaan mereka dan juga berusaha memperbaiki kembali karena dalam penampilan percakapan mereka terasa kurang maksimal.

3.    Penggunaan metode bermain peran (role play) pada pembelajaran asking for and giving opinion, dan congratulating and complimenting sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada  kegiatan diskusi kelompok yang begitu aktifnya. Peserta didik terlihat beradu argumen untuk membuat percakapan agar hasilnya maksimal.

4.    Penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan minat belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan antusiasnya peserta didik dalam memperhatikan vidio yang ditayangkan, dan respon yang baik ketika ada tanya jawab mengenai vidio tersebut.

B.   Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung adalah sangat senang. Hal ini dapat dibuktikan pada setiap kegiatan akhir pembelajaran berupa merefleksikan pembelajaran yaitu ketika peserta didik mengemukakan perasaannya setelah pembelajaran berlangsung.

 

C.   Faktor keberhasilan dari pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam merancang pembelajaran, menguasai kelas, pemahaman guru dengan model, metode pembelajaran dan juga penguasan guru terhadap media pembelajaran yang digunakan. Selain daripada itu guru juga harus mampu meningkatkan mood peserta didik ketika pembelajaran berlangsung.

 

D.   Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan adalah guru harus dapat kreatif dan berinovasi dalam setiap pembelajaran dikarenakan dengan inovasi yang dilakukan dapat menghindarkan peserta didik dari kejenuhan belajar karena monoton dan kurang bervariasinya gaya belajar, selain daripada itu pembelajaran juga akan terasa menyenangkan. Guru sebaiknya dapat menggunakan media  pembelajaran yang tepat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memahami materi dan juga meningkatkan minat serta motivasi peserta didik dalam belajar. Selain itu, dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan  mengenai model dan metode pembelajaran akan berdampak pada meningkatnya kualitas pendidikan di kelas dan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik dengan lebih optimal. Selain daripada itu pelaksanaan ice breaking cukup membantu untuk menghidupkan kembali semangat dan suasana kelas yang menyenangkan ketika peserta didik mulai merasa jenih dan berkurang semangatnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Bottom Ad [Post Page]